Alasan Kamu Perlu Bangkit dari Semua Rasa Sakit

Setiap kita pasti pernah merasakan kesakitan dalam hidup ini. Dan setiap kita pasti pernah merasakan kesulitan untuk bangkit saat ditimpa sebuah kesakitan. Namun, saat kesakitan menghampiri, bukan berarti kita harus terus-terusan terpuruk sendirian. Teruntuk kamu yang sedang mengalami rasa sakit, ingatlah ada masa depan yang menjadi alasan kamu perlu bangkit dari semua rasa sakit.  

Memang tidaklah mudah untuk bisa bangkit dari sebuah kesakitan. Namun, juga tidaklah baik untuk terus-terusan terpuruk dan membiarkan kesakitan itu ada pada dirimu. Kamu harus bangkit dan berjuang kembali untuk meneruskan hidupmu. Lawan semua kesakitan yang kamu rasakan, dan yakin bahwa kamu pasti bisa melalui itu semua.

Bahagia, sedih, terluka, rasa sakit, jatuh bangun, pasti pernah kita rasakan. Hidup memang tidak selalu tentang rasa bahagia. Namun juga ada rasa sakit, dan segala hal yang mungkin tidak kita inginkan, tapi terjadi pada diri kita. Jika hidup selalu tentang bahagia, maka kita tidak akan pernah tau bagaimana rasanya sakit, terluka, dikecewakan, dan hal yang kita anggap buruk lainnya itu seperti apa. Selain itu, jika hidup selalu tentang bahagia, maka kita tidak akan pernah belajar, bahwa dibalik rasa sakit yang kita rasakan, kelak akan ada pelajaran yang bisa kita dapatkan.

Setiap hal yang kita anggap buruk, tidak selamanya akan selalu buruk. Terkadang, dibalik hal yang buruk itu tersimpan sebuah pelajaran, terselip sebuah pesan, dan ada sebuah hikmah yang pastinya bernilai untuk diri kita sendiri. Memang, disaat kita ditimpa suatu hal yang kita anggap buruk, kita tidak akan pernah tau apa maksut hal itu terjadi pada kita. Namun, setelah itu terlewati, kita akan tau apa arti dari itu semua.

Ingatlah bahwa hidup harus terus berjalan, mungkin ini bisa jadi alasan kamu perlu bangkit agar hidupmu lebih baik kedepan

Hidup memang harus terus berjalan. Dan masa depanmu, kamu sendirilah yang akan menentukan. Apakah memilih untuk terus-terusan terpuruk dalam sebuah kesakitan, ataukah kamu berusaha untuk bangkit dan belajar dari kesakitan yang kamu rasakan. Semua pilihan ada pada dirimu. Pilihanmu itu juga akan berpengaruh pada masa depanmu nantinya. Tidak ada seorang pun yang dapat merubah hidup kita selain diri kita sendiri.

Memang butuh usaha dan kelapangan hati untuk bisa menerima semua rasa sakit yang dirasakan. Memang sulit untuk meyakinkan diri bahwa kesakitan itu sebagai ujian untuk mejadikan diri yang lebih kuat. Semua memang tidak mudah. Tapi bukan berarti juga kamu tidak bisa melewati itu semua. Saat kamu percaya bahwa seorang hamba tidak akan diuji diluar dari batas kemampuan hambanya, maka perlahan kamu pasti akan lebih mudah untuk menerima semua ujian yang diberikan kepadamu.

Percayalah bahwa setelah kesakitan yang kamu rasakan, kelak akan ada bahagia yang datang sebagai pengganti dari semua rasa sakitmu itu. Dan juga membuat kita sadar bahwa Belajar dari Sebuah Luka untuk Hidup yang Bahagia. Tidak semua kesakitan itu selalu buruk. Terkadang, dari kesakitan  itu bisa menjadikan kita pribadi yang kuat dan tidak mudah goyah. Terkadang, dari rasa sakit itu dapat mengingatkan kita bahwa dibalik bahagia yang kita rasakan, juga ada rasa sakit yang juga harus kita terima.

Hidup ini seimbang. Rasa bahagia sepaket dengan kesakitan. Ketika kita dapat tersenyum, kita juga dapat meneteskan air mata. Ada jalanan lurus, ada juga jalan berliku, dan sebagainya. Semuanya sudah seimbang. Hanya tergantung bagaimana kita menilai sesuatu ketika suatu hal terjadi pada diri kita.

ilustrasi by : Joshua Rawson-Harris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: