Belajar dari Kegagalan untuk Masa Depan yang Perlu Diperjuangkan

Setiap kita pasti pernah merasakan kegagalan. Dan setiap kita, pasti pernah berada pada satu titik yang rasanya sudah lelah dengan semuanya, dan memilih untuk menyerah saja. Kegagalan bukanlah sesuatu yang buruk. Kegagalan bukanlah sesuatu yang harus kamu takuti. Justru yang harus kamu lakukan adalah belajar dari kegagalan untuk masa depan. Masa depan yang harusnya kamu perjuangkan. Bukan malah memilih untuk menyerah dengan keadaan.

Setiap orang pasti pernah merasakan kegagalan dalam hidupnya. Entah itu saat mengejar impian, karir, dan masa depan lainnya. Dan bukan berarti juga mereka yang saat ini sudah sukses dalam hidupnya itu tidak melalui kegagalan sebelumnya. Pasti mereka pernah merasakan kegagalan sebelumnya.

Baca Juga : Saat Pintamu Belum Terjawab, Hal Ini Perlu Kamu Ingat!

Dear kamu, saat kamu merasa gagal dan berputus asa, kamu bukanlah orang yang bodoh. Kamu bukanlah orang yang gagal, dan kamu juga bukanlah orang yang tidak beruntung. Jika kamu menganggap itu semua ada pada dirimu, stop! Stop menilai dirimu itu payah, bodoh, dan orang yang gagal. Kegagalan yang terjadi pada dirimu itu, bukanlah sepenuhnya karena salahmu. Mungkin kamu perlu usaha yang lebih lagi. Dan mungkin kamu perlu belajar dari kegagalan sebelumnya.

Saat kamu menemukan kegagalan, kamu harus percaya bahwa kegagalanmu kali ini bukanlah akhir dari proses yang kamu jalani. Justru kegagalanmu kali ini adalah awal dari perjuangan panjangmu. Maka dari itu, saat kamu menemukan kegagalan, bukan berarti kamu harus menyerah. Kamu harus ingat untuk sampai pada tujuan akhirmu.

Baca Juga : Hidup Tentang Perjuangan Panjang yang Berliku

Sebuah kegagalan harusnya dapat membuat kamu belajar dari kegagalan yang kamu rasakan

Terkadang hidup ini memang harus merasakan trial dan error terlebih dahulu sebelum pada akhirnya kamu bisa dikatakan expert. Saat kamu menemukan kegagalan, lalu belajar dari kegagalan yang kamu temukan, lalu akhirnya kamu mencoba lagi, dan begitu seterusnya, maka percayalah kelak kamu akan menemukan formula yang tepat untuk kesuksesanmu.

Saat kamu paham makna sebuah kegagalan yang sesungguhnya, maka kamu pasti akan terus-terusan mencoba hingga kamu berhasil dan sampai pada tujuanmu. Karena, ketika kamu semakin sering gagal, semakin sering belajar, maka kamu akan semakin paham.

Jadikanlah sebuah kegagalan itu sebagai cambuk untukmu, bahwa kamu butuh kerja keras yang lebih lagi. Katakan pada dirimu bahwa ini adalah awal dari proses yang kamu jalani. Tanamkan pada dirimu bahwa ketika kamu gagal, dan berhasil bangkit dari kegagalanmu itu, maka kelak kamu pasti akan berhasil.

Kamu boleh saja berhenti untuk sesaat. Kamu boleh saja memberi jeda untuk sementara. Tapi kamu juga perlu memberi waktu sampai kapan kamu akan berhenti, dan sampai kapan kamu akan memberi jeda dari prosesmu itu. Agar kamu tidak terus-terusan terpuruk merasakan kegagalanmu itu. Sebab, bangkit dari kegagalan demi sebuah masa depan adalah hal yang perlu kamu lakukan.

Mungkin, saat kamu merasakan kegagalan dan kehilangan semangat untuk berjuang, kamu perlu mengingat kembali akan usaha dan kerja keras panjang yang sudah berhasil kamu lewati. Mungkin kamu perlu mengingat bahwa ternyata kamu mampu melewati hal yang sebelumnya kamu anggap kamu tidak mampu. Dan mungkin kamu juga perlu ingat mereka, orang-orang yang kamu sayang untuk membuatmu kembali bersemangat.

Setiap kita pasti punya cara sendiri-sendiri untuk bisa bangkit dan memunculkan kembali semangat dalam diri. Dan semangat itu pula yang hanya kamu sendirilah yang mampu menciptakan dan membangunnya.  Orang lain hanya sebagai support system-mu dari luar, yang selanjutnya bergerak dan bertindak adalah dirimu sendiri.

ilustrasi by : Anthony Tran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: