Berdamai dengan Masa Lalu Pasangan agar Awet dalam Menjalani Hubungan

Masa lalu sering sekali menjadi hal yang merusak dalam sebuah hubungan. Sulit menerima akan masa lalu pasangan, membuat hubungan sering dihadiri dengan konflik secara terus-terusan. Saat seseorang tidak mampu berdamai dengan masa lalu pasangan, hal ini akan sulit membuat hubungan menjadi awet. Sebab, memorinya masih menyimpan akan masa lalu pasangannya. Sehingga, ketika ada suatu masalah yang kecil, sering kali dikait-kaitkan dengan masa lalu yang kemudian masalah itu menjadi masalah besar.

Seharusnya, ketika kamu memulai hubungan yang baru dengan seseorang, kamu sudah harus bisa menerima akan masa lalu pasanganmu. Masa lalu yang tak perlu kamu ingat atau kamu ungkit-ungkit kembali. Setiap kita punya masa lalu yang entah baik ataupun buruk. Masa lalu cukuplah dijadikan pelajaran untuk hubungan kedepan, tanpa perlu menjadikannya alasan untuk merusak hubungan.

Baca Juga : Trauma Karena Kegagalan Asmara Harusnya Cukup Jadi Pelajaran Saja

Seringnya, rusaknya hubungan itu disebabkan oleh bayang-bayang masa lalu dari masing-masing pasangan. Sebuah keadaan dimana seseorang sulit untuk berdamai dengan masa lalu pasangan. Ia membiarkan pikirannya diselimuti oleh bayang-bayang akan masa lalu pasangannya. Padahal, dibalik semua itu ada hubungan baru yang perlu ia perjuangkan.

Jangan memulai hubungan yang baru jika kamu belum bisa berdamai dengan masa lalu pasangan

Jika kamu ingin memulai hubungan yang baru, maka kamu harus meninggalkan semua tentang masa lalu pasanganmu. Jika kamu terlanjur mengetahui akan masa lalunya, cukuplah hal itu sebatas kamu tahu saja. Jangan jadikan itu sebagai senjata saat nanti ada permasalahan diantara kamu dan dia. Sebab, hubunganmu bisa berantakan jika masa lalu kamu jadikan sebagai senjata disaat ada pertengkaran.

Saat siap menjalani hubungan dengan seseorang, kamu harus selesai dengan dirimu sendiri terlebih dahulu. Dan kamu juga harus selesai dengan masa lalu pasanganmu. Agar kelak hubunganmu dapat berjalan awet kedepan.

Baca Juga : Pentingnya Mengenali Diri Sendiri Terlebih Dahulu Sebelum Memulai Hubungan yang Baru

Menjalin sebuah hubungan memang tidak menutup kemungkinan akan terjadinya sebuah konflik. Namun, jika konflik yang terjadi disebabkan oleh masa lalu, rasanya tidaklah pantas. Sebab, seseorang yang dewasa itu ketika menjalin hubungan akan melupakan masa lalu pasangannya dan fokus dengan hubungan yang ia jalankan saat ini.

Jadi, cobalah untuk berdamai dengan masa lalu pasanganmu. Lupakan semua tentang masa lalu. Ya, meskipun memori masa lalu tak sepenuhnya bisa dihapus. Namun, dengan kamu bisa menerima akan masa lalu pasanganmu, perlahan ingatan itu akan sirna dari pikiranmu. Dan kamu bisa lebih fokus membangun dan menjalani hubunganmu dengan pasangan.

Maafkanlah masa lalu, sebab setiap orang pasti punya masa lalu yang entah itu baik atau buruk

Masa lalu itu ada yang baik dan ada juga yang buruk. Seringnya, kita lebih sulit menerima masa lalu yang buruk. Masa lalu yang buruk ini sering membayangi diri seseorang. Dan ketakutan akan masa lalu ini, juga pada akhirnya membuat seseorang bisa menjadi over protective terhadap pasangannya.

Setiap kita punya masa lalu. Dan ketika masa lalu itu buruk, jika boleh memilih tentulah kita ingin masa lalu ini tidak pernah terjadi. Namun, apa yang sudah terjadi itu semua diluar dari kendali kita. Masa lalu akan tetap menjadi masa lalu yang meninggalkan memori diingatan kita. Kita memang tidak bisa menghapusnya, namun kita bisa berdamai dengan masa lalu itu.

Baca Juga : Menumbuhkan Kembali Rasa Percaya dari Luka yang Pernah Dirasa

Mungkin, dengan memaafkan masa lalu adalah salah satu cara berdamai yang paling efektif yang bisa dilakukan. Karena, menjadikan masa lalu sebagai sesuatu yang merusak pikiran malah akan membuatmu terus-terusan sulit untuk melepaskan semua ingatan akan masa lalu.  

ilustrasi by : Roman Purtov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: