Cara Bersikap Bodo Amat atas Nyinyiran Orang-Orang Sekitar

Hidup ini memang tidak terlepas dari segala komentar dan perkataan orang-orang sekitar. Entah itu yang kerjaannya terlalu sibuk mengurusi hidup kita, serta mengomentari setiap gerak dan langkah yang kita lakukan. Seolah kerjaannya memang hanya memperhatikan hidup orang lain saja. Saat hal seperti itu kita alami, terkadang kita memang harus tahu bagaimana cara bersikap bodo amat agar hal-hal seperti itu tidak mengusik hidup kita.

Dihadapkan dengan sekitar yang memiliki toxic seperti ini memang sangat menyebalkan. Saat kita tak pernah sibuk mengurusi hidupnya, tak pernah ingin tahu tentang hidupnya, dan tak pernah peduli juga dengan apa yang mereka kerjakan, sementara mereka terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengurusi hidup kita. Dibayar juga gak, tapi kerjaannya nagibisin waktu dengan hidup orang lain. Duh!

Baca Juga : Saat Hidup Terasa Sulit, Alasan Ini Membuat Kamu Harus Bangkit!

Sebagai seseorang yang tak punya masalah secara pribadi dengan toxic people seperti itu, rasanya ingin sekali menyadarkan mereka. Namun, emang dasar orangnya yang toxic, dan kerjaannya seperti itu, yaa dari pada menambah beban buat diri sendiri, lebih baik kita saja yang bertindak lebih cerdas dalam menghadapi orang seperti itu.

Tak menghiraukan perkataan mereka adalah salah satu cara bersikap bodo amat

Cara yang paling bisa kamu lakukan untuk menghadapi orang yang nyinyir dengan kehidupan kita adalah dengan tidak menghiraukan setiap perkataan yang keluar dari mulut mereka dan itu ditujukan kepada kita. Memang, nyatanya tidak semua orang bisa bersikap bodo amat dengan cara seperti ini. Terlebih perkataan yang dilontarkan itu menyakitkan dan sampai membuat kita menjadi kepikiran. Namun, membuat kita mengambil perhatian dan menghiraukan perkataan mereka malah akan membuat mereka semakin menjadi-jadi.

Baca Juga : Pentingnya Memberi Jeda Bagi Diri Sendiri; Tubuhmu Juga Butuh Istirahat!

Sebaliknya, jika kita tidak pernah mempedulikan omongan mereka, tak pernah menghiraukan mereka, cepat atau lambat mereka akan capek sendiri dan akan berhenti untuk mengusik hidup kita. Ya, meskipun untuk beberapa orang yang memang udah hobi banget ngurusin hidup orang lain mereka juga gak akan bosan-bosan untuk melakukan itu. Tapi, percayalah bahwa cepat atau lambat pasti akan ada moment yang pada akhirnya menyadarkan mereka.

Kita tidak bisa menutup mulut orang-orang, tapi kita bisa menutup telinga kita dari apa yang mereka katakan juga menjadi cara bersikap bodo amat

Memang, kita tak punya kuasa untuk menutup banyaknya mulut orang-orang yang berkomentar tentang hidup kita. Tapi, kita punya kuasa untuk menutup telinga kita dari apa yang mereka katakan. Kita punya dua tangan yang bisa kita gunakan untuk menutup telinga sebagai salah satu cara bersikap bodo amat atas segala nyinyiran sekitar.

Baca Juga : Cara Membuat Hidup Bahagia dan Berdamai dengan Masalah yang Ada

Perkataan orang-orang jika kita dengarkan tak akan pernah ada habisnya. Mendengarkan perkataan mereka malah akan membuat kita menjadi kepikiran. Sehingga menjadi beban bagi diri kita sendiri. Stop membebani pikiranmu dengan hal-hal yang tak memberi manfaat untuk hidupmu. Masih banyak hal bermanfaat lainnya yang bisa kamu pikirkan.

Jika kamu tak merasa apa yang mereka katakan itu benar, berhentilah menghabiskan waktumu untuk mengurusi hal itu

Seringnya, ketika seseorang merasa iri dengan apa yang kita punya, mereka akan membalikkan semua fakta yang ada. Mereka akan menceritakan segala hal buruk tentang kita kepada siapapun. Mereka akan menganggap apapun yang kita kerjakan itu tidak benar. Jika ini yang terjadi, dan jika kamu merasa bahwa segala yang mereka tuduhkan kepadamu itu salah, tidak perlu menghabiskan waktumu terlalu banyak hanyak untuk mengurusi hal itu.

Sebab, ketika seseorang sudah menaruh penilaian buruk terhadap kita, meskipun kita benar sekalipun nantinya, maka ia akan tetap menilai kita salah. Jadi, percuma menghabiskan waktumu. Biarkan Tuhan yang bekerja menyadarkan mereka.

Baca Juga : Belajar dari Sebuah Luka Untuk Hidup yang Bahagia

Jika toxic people itu sudah begitu mengganggu bagimu, menjauhi mereka juga salah satu cara yang bisa kamu lakukan

Saat kamu sudah merasa lelah dengan mereka yang mengusik hidupmu ini, kamu juga bisa menjauhi si toxic people ini. Misalnya, orang yang selalu saja mengusik hidupmu ini adalah tetanggamu, kamu bisa  membatasi hubunganmu dengannya. Atau kamu juga bisa sama sekali untuk menjauhinya. Jika toxic people ini adalah rekan kerjamu, kamu bisa menjauhi mereka dengan berkumpul bersama orang-orang yang bisa memberi pengaruh baik untukmu. Intinya, kamu harus bisa membatasi atau benar-benar memutus aksesmu dengan mereka yang kamu rasa sudah terlalu kelewatan dalam mengusik hidupmu.

ilustrasi by : Gustavo Fring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: