Menumbuhkan Kembali Rasa Percaya dari Luka yang Pernah Dirasa

Rasa kecewa, luka hati, dan pengkhianatan sering membuat seseorang sulit kembali menaruh percaya terhadap orang lain. Rasa trauma itu membuatnya tak lagi percaya akan seseorang. Mungkin dulu ia pernah begitu menaruh percaya, namun pada akhirnya diberikan kecewa dan juga luka. Sehingga membuatnya menjadi berhati hati sebab tak ingin kembali merasakan untuk yang kedua kali. Menumbuhkan kembali rasa percaya diri dari luka ini memang tidak mudah. Semua butuh usaha dan penerimaan atas kondisi yang sebelumnya di rasakan.

Dear kamu yang sedang kehilangan rasa percaya terhadap orang lain, ketika seseorang melakukan hal yang buruk terhadapmu, bukan berarti orang lain akan melakukan hal yang serupa kepadamu juga. Dan saat satu orang melakukan kesalahan, kamu tak bisa memukul rata bahwa semua orang itu sama saja.

Sebagai contoh, ketika seorang lelaki yang pernah teramat kamu sayang mengecewakan dan menggoreskan luka pada dirimu, bukan berarti kamu bisa menganggap semua lelaki itu sama saja. Mindset yang kamu tanamkan dan men-judge bahwa semua lelaki itu sama saja itulah yang pada akhirnya membuatmu sulit untuk kembali menaruh percaya terhadap orang lain. Sebab yang kamu tanamkan pada dirimu “semua lelaki itu sama saja”.

Baca Juga : Belajar dari Sebuah Luka Untuk Hidup yang Bahagia

Pemikiran kita itu memberikan andil yang besar terhadap apa yang kita tanamkan. Saat kamu menganggap semua lelaki itu sama saja, maka secara tidak langsung dirimu akan mempercayai itu. Saat kamu menganggap kamu tidak mampu dalam mengerjakan suatu hal, secara tidak langsung juga alam bawah sadarmu juga mengatakan bahwa kamu tidak mampu. Pikiran kita itu diatur oleh diri kita sendiri. Saat kamu mampu berfikir semua hal yang positif, maka dirimu pun akan selalu ikutan berfikir positif, dan begitu-pun sebaliknya.

Penerimaan terhadap luka dan kecewa yang pernah dirasa adalah salah satu cara untuk kembali menumbuhkan rasa percaya

Hal yang membuat kita sulit untuk menumbuhkan kembali rasa percaya itu karena sulitnya menerima kondisi atau luka dan juga kecewa yang pernah dirasa. Kita seakan tidak bisa menerima bahwa seseorang yang begitu kita sayang menyakiti hati kita. Rasa sulit menerima ini yang pada akhirnya membuat kita menutup diri dan sulit untuk kembali mempercayai orang lain lagi.

Memang tidak mudah untuk bisa menerima rasa kecewa dan juga luka. Apalagi yang melakukannya adalah seseorang yang pernah kamu percayakan hatimu kepadanya. Namun, membiarkan dirimu terus-terusan sulit menerima kondisi itu malah akan membuatmu semakin sulit untuk berdamai dengan kondisi yang kamu rasakan itu.

Semuanya memang butuh waktu. Namun, jika kamu tidak mencoba untuk keluar dari kondisi kesakitanmu itu akan membuatmu juga sulit untuk kembali menumbuhkan rasa percaya terhadap orang lain. Terimalah bahwa kamu sedang dilukai. Terimalah bahwa kamu pernah dikecewakan. Perlahan, ketika kamu mampu menerima kondisi itu, maka kamu juga akan lebih mudah bangkit dan perlahan juga dapat menumbuhkan rasa percayamu itu kepada orang lain.

Baca Juga : Pentingnya Memberi Jeda Bagi Diri Sendiri; Tubuhmu Juga Butuh Istirahat!

Cobalah untuk mengontrol pikiranmu dan mengontrol dirimu. Serta buang semua mindset buruk yang kamu tanamkan dan percayai dalam dirimu itu. Sebab, secara sadar atau tidak, mindset itu juga nantinya yang akan membentuk pola pikirmu itu. Jangan biarkan pikiran burukmu yang mengambil kontrol terhadap dirimu.

Sekali lagi ingatlah, bahwa ketika seseorang menyakitimu, bukan berarti orang lain akan memperlakukan hal yang sama kepadamu. Saat kamu dipertemukan dengan seseorang yang kamu anggap jahat, bukan berarti tidak ada orang baik yang kelak akan kamu temukan nantinya. Jadi, jangan hanya kesalahan satu orang kamu jadi memukul rata orang lain itu sama saja.  

Ilustrasi by : Kyaw Tun

9 thoughts on “Menumbuhkan Kembali Rasa Percaya dari Luka yang Pernah Dirasa

    • 02/11/2021 at 11:36 AM
      Permalink

      thankyou very much for wasting your time visiting my website. i’m lucky !

      Reply
  • 15/11/2021 at 7:18 AM
    Permalink

    Thank you, I have just been searching for info approximately this subject
    for a long time and yours is the greatest I’ve came upon till now.
    But, what concerning the bottom line? Are you positive in regards to the supply?

    Reply
  • 24/11/2021 at 2:38 PM
    Permalink

    Every weekend i used to pay a quick visit this site,
    because i want enjoyment, since this this website conations truly fastidious funny material too.

    Reply
  • 27/11/2021 at 7:34 AM
    Permalink

    I know this if off topic but I’m looking into starting my own weblog and was
    wondering what all is needed to get set up? I’m assuming
    having a blog like yours would cost a pretty penny? I’m not very internet savvy so
    I’m not 100% certain. Any tips or advice would be greatly appreciated.
    Cheers

    Reply
    • 27/11/2021 at 10:44 AM
      Permalink

      No, it’s not what you’re looking for. I didn’t spend a lot of money to make this blog. You just need to be consistent to make articles until people recognize and like your writing

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: