Membuka Lembaran Baru dengan Melupakan Masa Lalu

Masa lalu memang sering kali hinggap dan menghantui diri kita. Namun, jika kita tak berusaha untuk membuka lembaran baru dan melupakan masa lalu, bagaimana mungkin kita bisa menjalani hidup yang baru? Bukankah berfokus pada masa lalu malah akan membuat kita menjadi pribadi yang sulit maju?

Setiap kita pasti pernah mempunyai masa lalu. Masa lalu yang buruk sering kali membekas dalam ingatan dan sulit sekali untuk melepaskannya. Sulit bukan berarti tidak bisa untuk melupakan, bukan?

Baca Juga : Cara Sederhana Hidup Bahagia yang Perlu Kita Ciptakan Setiap Hari

Kita harus sadar, jika sesuatu itu terlalu banyak memberi dampak yang buruk bagi kita, kita harusnya segera merubah itu. Terpaku pada masa lalu hanya akan membuat kita membuang-buang waktu. Tidak baik juga membiarkan diri kita terus-terusan terjebak pada sesuatu yang merugikan diri kita sendiri.

Mungkin, ada begitu banyak kecewa yang kamu rasakan sebab masa lalu. Ada begitu banyak luka yang juga membekasa pada dirimu itu. Atau ada banyak hal yang pada akhirnya membuatmu sulit untuk kembali menaruh percaya kepada orang-orang yang baru. Apapun hal itu, kamu harus keluar dari masa lalumu itu. Tidak harus segera, setidaknya kamu mulai mencobanya.

Baca Juga : Saat Hidup Terasa Berat, Hal Ini Bisa Jadi Pengingat Buatmu

Membuka lembaran baru dengan melupakan masa lalu

Saat masa lalu begitu membekas bagi dirimu itu, salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan yaitu berdamai dengan masa lalu itu. Menerima bahwa masa lalu itu memang pernah terjadi pada dirimu itu. Penyangkalan pada masa lalu malah akan membuatmu sulit untuk berdamai. Rasa trauma dan ketakutan selalu saja mampir dalam dirimu itu.

Tidaklah sepenuhnya salah saat kamu masih mengingat akan masa lalu. Namun, akan menjadi salah jika masa lalu itu menimbulkan trauma dan ketakutan dalam dirimu. Memang, tak mudah untuk bisa melupakan semua yang terjadi terlebih itu begitu membakas dirasakan. Namun, jika kamu tidak berusaha untuk melupakan dan terus-terusan terpaku pada masa lalu juga tak baik bagimu kedepan.

Baca Juga : Merasa Menjadi Beban Keluarga Saat Kamu Belum Menjadi Apa-Apa

Mungkin kamu pernah begitu kecewa karena seseorang. Pernah merasa gagal atas usaha yang kamu lakukan. Atau tak mendapatkan dukungan dari impian yang ingin kamu wujudkan, serta sebab-sebab lainnya. Dan mungkin bagimu ini adalah sesuatu yang buruk yang pernah kamu alami dalam hidupmu sehingga membuatmu tak lagi ingin mencoba untuk kesekian kalinya.

Hidup ini selalu berjalan beriringan. Dibalik adanya rasa kecewa, setelahnya pasti akan ada rasa bahagia. Dibalik kegagalan pasti akan ada kesuksesan setelahnya. Apapun yang kamu alami di masa lalu jangan jadikan sebuah ketakutan. Jadikanlah apa yang terjadi pada masa lalu sebagai pelajaran untuk hidupmu kedepan.

Baca Juga : Perihal Mencintai Diri Sendiri yang Sering Kali Kita Kesampingkan

Teruntuk kamu yang sulit bangkit dari masa lalu

Aku tahu mungkin begitu sulit menyembuhkan luka bekas masa lalu yang kamu terima. Begitu banyak hal yang membuat kamu teringat akan masa lalu itu. Namun, apakah kamu ingin terus-terusan terjebak pada masa lalumu itu? Apakah kamu akan membiarkan dirimu merasakan ketakutan terus-terusan?

Kamu perlu berdamai dengan apa yang sudah terjadi dan kamu rasakan di masa lalu. Ingat, hidupmu harus terus berjalan. Kamu juga harus memikirkan masa depanmu yang masih panjang. Kasihan dirimu itu jika kamu masih saja menjadikan masa lalu sebagai ketakutan.

Baca Juga : Saat Dirimu Merasa Hampa, Kamu Butuh Seseorang untuk Berbagi Cerita

Mungkin memang ada hal buruk yang terjadi padamu di masa lalu. Tapi, bukan berarti juga disetiap hal buruk tidak ada hal baik yang menyertai, bukan? Sebagai contoh, kamu mungkin pernah dibuat kecewa oleh seseorang yang kamu sayang. Kamu dikhianati dan ditinggal pergi begitu saja. Sakit memang. Dan mungkin sulit untuk kamu terima. Tapi, dari itu semua ada hal yang patut kamu syukuri. Kamu diselamatkan dari cinta yang salah. Dari seseorang yang tak bisa menjaga hatimu.

Baca Juga : Belajar dari Kegagalan untuk Masa Depan yang Perlu Diperjuangkan

Jika kamu bisa melihat setiap apa yang terjadi dari banyak sisi. Maka kamu tidak akan berfokus pada hal buruk yang kamu rasakan saja. Namun, kamu juga pasti melihat ada hal baik dibalik itu semua. Sehingga trauma dan ketakutan masa lalu itu tidak lagi kamu rasakan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: