Perihal Mencintai Diri Sendiri yang Sering Kali Kita Kesampingkan

Sudah sejauh mana kamu mencintai dirimu sendiri? Sudahkah selama ini kamu peduli akan dirimu itu? Sadar gak sih bahwa sebagai manusia kita sering kali mengesampingkan diri kita? Sering lupa bahwa diri kita juga butuh diperhatikan dan dicintai? Perihal mencintai diri sendiri seharusnya menjadi perhatian bagi kita. Sebab, bukan hanya kita yang butuh perhatian, namun diri kita pun juga butuh untuk diperhatikan.

Sepanjang hidup di dunia ini pernah gak kamu berpikir atau bertanya pada dirimu sendiri bahwa selama ini apakah kamu bisa dibilang sudah mencintai dirimu itu atau belum? Apakah kamu masih sering mengesampingkan dan melupakan bahwa dirimu itu juga berharga?

Banyak orang yang tidak mengerti makna mencintai diri sendiri. Banyak orang juga yang abai akan memberi perhatian pada diri. Padahal, mencintai diri sendiri adalah sesuatu yang harus kita lakukan. Dan kita tidak boleh mengesampingkan dan abai akan hal itu. Sebab, jika bukan diri kita yang mencintainya terlebih dahulu, lantas siapa lagi yang akan melakukannya? Bukankah sebagai pemilik jiwa dan raga ini kita lah yang seharusnya menjadi orang yang terlebih dahulu peduli untuk pertama kalinya?

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rasa Ragu Saat Diri Sendiri Merasa Tidak Mampu

Perihal Mencintai Diri Sendiri Bisa Dimulai Dengan Hal-Hal Kecil Terlebih Dahulu

Untuk bisa mencintai diri sendiri, kita perlu memulainya dengan hal-hal kecil terlebih dahulu. Sebagai contoh, pernah gak kamu menjadi seseorang yang selau berusaha untuk menyenangkan atau membahagiakan orang lain? Pernah gak kamu berpikir bahwa ketika kamu melakukan hal itu kamu juga ikutan berpikir perihal kebahagiaan dirimu? Atau ketika kamu melakukan hal itu kamu lebih sering mengesampingkan dirimu sendiri?

Hal-hal sederhana seperti itu sering kali luput dari perhatian kita. Kita lebih memilih untuk menyenangkan orang lain dengan mengesampingkan diri kita sendiri. kita lebih memilih membuat orang lain bahagia namun kita juga lupa bahwa diri kita pun juga pantas untuk bahagia.

Ingat, dibalik niatmu untuk membahagiakan orang lain, kamu juga perlu membahagiakan dirimu terlebih dahulu. Jangan terus-terusan berusaha membahagiakan orang lain, namun lupa pada diri sendiri. Hal-hal kecil yang mungkin kamu anggap tidak penting itu, padahal sangat berguna untuk dirimu sendiri.

Baca Juga : Cara Bersikap Bodo Amat atas Nyinyiran Orang-Orang Sekitar

Jangan Hanya Berusaha Untuk Mencintai Orang Lain, Dirimu Juga Harus Dicintai!

Mencintai dan dicintai adalah dua hal yang saling berkaitan. Ketika mencintai, pastinya kita juga ingin dicintai. Begitu pun sebaliknya. Namun, perihal mencintai dan dicintai itu tidak melulu antara kita dan orang lain, bukan? Perihal mencintai juga perlu dilakukan kepada diri sendiri. Yaps! Cinta terhadap diri. Mencintai diri sendiri. Sosok yang juga layak dan memang seharusnya untuk dicintai.

Saat kamu berusaha untuk mencintai orang lain, kamu harus bisa memastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah mencintai dirimu itu. Jangan berusaha untuk mencintai orang lain dan membahagiakannya, namun kamu sendiri tidak tahu bagaimana caranya membahagiakan dirimu sendiri.

Baca Juga : Saat Sulit Berkata Tidak, Beberapa Hal Ini Harus Kamu Ketahui!

Tak ada yang salah dalam memberikan cinta kepada orang lain. Yang salah adalah ketika kamu bisa memberikan cintamu pada orang lain, namun kamu tidak bisa memberikan cintamu pada dirimu sendiri. Apakah salah jika dirimu juga butuh dicintai? Apakah salah jika dirimu juga butuh diperhatikan?

Jika sampai saat ini kamu masih sulit mencintai dirimu itu, cobalah dengan memulai melakukan hal-hal kecil terlebih dahulu. Melakukan hal yang memang atas dasar inginmu dan dari hatimu. Bukan melakukannya sesuatu yang hanya karena kamu tidak enak untuk menolaknya. Jika perihal ini saja sulit untuk kamu lakukan, maka akan sulit juga bagimu untuk bisa mencintai dirimu itu.  Lalu mau sampai kapan berusaha untuk membahagiakan orang lain tapi lupa untuk membahagiakan diri sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: