Menjadi Pribadi yang Bermanfaat Itu Mudah, Yuk Intip Caranya!

Menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain pastilah diinginkan oleh banyak orang. Teruntuk kamu yang membaca artikel ini, pasti kamu juga ingin dapat bermanfaat bagi orang lain, bukan? Menjadi seseorang yang dapat bermanfaat itu tidaklah sulit. Kita bisa memulainya dari hal-hal kecil dan sederhana terlebih dahulu yang ada di sekitar kita. Asalkan kita memiliki niat untuk bisa bermanfaat bagi orang lain, jalan kita pun akan dipermudah. Lalu, bagaimana ni caranya agar dapat bermanfaat bagi orang lain? Yuk, simak!

Menjadi Pribadi yang Bermanfaat dengan Menolong Orang Sekitar yang Membutuhkan

Menjadi sosok yang bermanfaat bagi orang sekitar bisa dimulai dengan menolong orang disekitarmu. Menolong dengan tulus ikhlas dan hati yang tulus. Saling membantu dalam hal kebaikan kepada siapapun tanpa membeda-bedakan. Memulai dengan melakukan hal sederhana ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi mereka yang kamu bantu. Tidaklah sulit untuk menjadi bermanfaat bagi orang sekitar jika kamu memang peduli terhadap orang-orang di dekatmu.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rasa Ragu Saat Diri Sendiri Merasa Tidak Mampu

Mungkin selama ini kita sering kali abai dan tidak peduli terhadap orang-orang disekitar kita. Mungkin selama ini kita terlalu ego dengan diri kita sendiri sehingga lupa untuk memperhatikan orang sekitar kita. Padahal sebagai makhluk di bumi ini, kita diciptakan untuk saling menolong satu sama lain. Kita juga harus peduli terhadap apa yang ada dan terjadi disekitar kita.

Menjadi Pribadi yang Bermanfaat dengan Tidak Menutup Mata Terhadap Apa yang Terjadi Disekitar Kita

Sadar gak sih bahwa kita terkadang menjadi sosok yang egois? Sadar gak sih bahwa kita sering kali tidak peduli dengan apa yang ada disekitar kita? Seperti halnya saat berada di transportasi umum, kita lebih memilih untuk duduk menyelamatkan diri kita ketimbang peduli terhadap mereka yang sudah tua yang berdiri sebab tak mendapatkan tempat duduk. Contoh sederhana ini dapat dinilai bahwa kita adalah pribadi yang abai. Kita memilih untuk menyelamatkan diri kita ketimbang peduli terhadap mereka yang membutuhkan.

Coba deh tanya sama diri kita sendiri, sudah sejauh mana kita peduli terhadap sekitar kita? Sudahkah kita menaruh peduli? Ataukah selama ini kita menutup mata seolah tak melihat apa yang ada disekitar kita? Bukankah pribadi yang baik itu adalah pribadi yang dapat bermanfaat tidak hanya untuk dirinya sendiri namun juga dapat bermanfaat bagi orang lain? Yuk, jika selama ini kita masih saja suka menutup mata dan tidak peduli akan sekitar, mulai sekarang ayo belajar untuk lebih peduli lagi.

Baca Juga : Belajar Menerima Kekurangan Diri Agar Lebih Percaya Diri

Jangan Berharap Setiap Kebaikan yang Kamu Lakukan Akan Dibalas Oleh Orang yang Sama

Saat kamu melakukan satu kebaikan kepada orang lain, jangan pernah berharap kebaikanmu itu akan dibalas oleh orang yang sama. Mengharapkan kebaikan yang kamu lakukan itu mendapatkan balasan malah akan terkesan bahwa kamu melakukan hal itu dengan tidak ikhlas. Sebab kamu mengharapkan balasan dari apa yang kamu lakukan.

Setiap kebaikan yang kita lakukan itu pasti akan dicatat sebagai amal baik oleh Tuhan. Dan setiap kebaikan itu kelak pasti akan mendapatkan balasannya. Kamu tidak perlu khawatir atau takut dalam berbuat baik. Sebab setiap perbuatan baik itu pastinya akan bermanfaat bagimu kelak. Bisa saja ketika kamu melakukan suatu perbuatan baik, kemudian kamu terhindar dari kecelakaan. Jadi tak perlu takut untuk berbuat baik. Sebab Tuhan pasti akan melihat setiap apa yang kamu lakukan.

Baca Juga : Pengingat Ketika Merasa Capek dan Ingin Menyerah

Ketika Niat Baikmu Tak Selalu Dinilai Baik, Jangan Pernah Berhenti Untuk Berbuat Baik

Memang tidak semua perbuatan baik itu akan dinilai baik oleh orang lain. Tidak semua perbuatan baik juga dapat disambut baik dan diterima oleh orang lain. Malah tak jarang perbuatan baik yang kita lakukan dianggap ada maksut dibaliknya. Ya, begitulah hidup. Tidak semua orang bisa menerima apa yang kita lakukan. Meskipun begitu, kamu jangan berhenti untuk berbuat baik. Jangan berhenti hanya karena niat baikmu tak dihargai.

Tidak semua orang mungkin bisa melihat niatmu itu, tapi percayalah bahwa Tuhan pasti tahu akan niatmu. Meskipun banyak orang yang mengatakan atau mencibir apa yang kamu lakukan, selagi niatmu baik dan lurus di jalan yang benar, percayalah bahwa setiap kebaikan yang kamu lakukan kelak akan berbalik kepadamu.

Baca Juga : Sebelum Menyerah dengan Keadaan, Baca Ini!

Tak Perlu Mengharapkan Penghargaan Dari Orang Lain, Cukuplah Tuhan yang Tahu Apa yang Kamu Lakukan

Biarkan saja orang-orang tak melihat apa yang kamu lakukan. Biarkan saja orang-orang menilai bagaimana perihal baik atau buruknya. Selagi niat kamu melakukan itu adalah kebaikan, kamu tak perlu takut. Tak perlulah berharap kebaikanmu itu dapat diapresiasi oleh orang lain. Cukuplah Tuhan yang tahu apa yang kamu lakukan. Sebab tak ada gunanya mengharapkan itu semua. Jangan sampai kebaikanmu itu menjadi sia-sia hanya karena niatmu untuk berbuat baik karena ingin dilihat orang lain.

Ikhlas lah dalam melakukan sesuatu. Sebab ketika kamu ikhlas dalam melakukannya, kamu tidak akan berharap kebaikan itu dapat dibalaskan. Kamu melakukannya benar-benar tulus untuk membantu orang lain dan agar kamu dapat menjadi sosok yang bermanfaat bagi sesama. Jadi selalu berbuat baik dan jangan berhenti dalam hal kebaikan.

Baca Juga : Perihal Mencintai Diri Sendiri yang Sering Kali Kita Kesampingkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: