Merasa Menjadi Beban Keluarga Saat Kamu Belum Menjadi Apa-Apa

Apakah kamu pernah berada pada satu titik yang membuat kamu merasa menjadi beban keluarga? Apakah kamu merasa saat hidupmu yang begini-begini saja itu membuatmu menjadi minder dan tak berguna? Saat sudah seharusnya menjadi anak yang mandiri dan tak bergantung lagi kepada orang tua, namun diri sendiri belum mampu terbebas dari hal itu. Pastilah timbul rasa di hati yang membuat kita merasa bahwa kita masih saja menjadi beban bagi mereka.

Di saat orang-orang seusiamu sudah bisa menghasilkan banyak uang, sementara kamu untuk hidupmu sendiri saja belum bisa memenuhinya, pastilah kamu merasa hidupmu tidak berguna. Orang tua sudah susah payah membiayai pendidikanmu, namun pekerjaan pun belum juga kamu dapatkan.

Banyak orang-orang yang ketika belum mampu berbuat banyak bagi diri sendiri dan keluarganya merasa bahwa hidupnya hanyalah beban. Nah, jika kamu sedang berada di posisi ini, beberapa hal ini perlu kamu ingat!

Baca Juga : Perihal Mencintai Diri Sendiri yang Sering Kali Kita Kesampingkan

Saat Merasa Menjadi Beban Keluarga, Bukan Berarti Dirimu Sepenuhnya Tak Berguna

Saat ini kamu mungkin berada pada kondisi menjadi orang yang tak berguna atau hanya menjadi beban saja bagi orang tua. Apakah perasaan itu timbul sebab kamu yang belum bekerja, belum sukses, dan belum bisa memberikan apa-apa kepada orang tuamu? Seringnya, perasaan seperti itu muncul sebab merasa diri sendiri masih begitu-begitu saja. Belum mampu berbuat banyak dan mengubah kondisi keluarga.

Teruntuk kamu yang saat ini merasa menjadi beban bagi keluarga, bukan berarti dirimu sepenuhnya tidak berguna. Saat ini mungkin kamu belum bisa sukses dan berbuat banyak terutama perihal materi untuk orang terdekatmu. Namun kamu masih bisa berguna dan bermanfaat bagi orang sekitarmu dengan berbuat baik. Bukankah untuk menjadi orang yang berguna dan bermanfaat itu tidak melulu perihal materi?

Baca Juga : Menjadi Pribadi yang Bermanfaat Itu Mudah, Yuk Intip Caranya!

Merasa Menjadi Beban Keluarga Bukan Berarti Membuatmu Berhenti Untuk Berusaha

Saat ini kamu mungkin memang belum sukses. Mungkin kamu memang belum bisa membuktikan kepada orang tuamu bahwa kamu bisa membahagiakan mereka. Meskipun begitu, kamu jangan sampai berhenti berusaha untuk membuktikan bahwa kamu bisa. Bisa menjadi anak yang mandiri dan tak lagi bergantung dengan orang tua. Bisa menjadi anak yang sukses seperti apa yang mereka harapkan.

Baca Juga : Cara Produktif dan Menghasilkan Meskipun Hanya dari Rumah

Saat kamu mau berusaha, saat kamu mau mencari jalan, semua langkahmu akan terbuka lebar. Setiap orang yang mau berusaha keras, ia pasti akan mencapai kesuksesannya. Ia pasti bisa mengubah jalan hidupnya yang semula tak baik-baik saja menjadi seseorang yang membuat orang tuanya bangga. Asalkan kamu mau berusaha, percayalah bahwa jalanmu pun akan terbuka.

Waktu Suksesmu Dengan Orang Lain Itu Berbeda, Jadi Jangan Bandingkan Dirimu Dengan Mereka

Kamu mungkin melihat mereka yang seusia denganmu kini sudah berada pada puncak kesuksesan mereka. Sementara kamu? Kamu hanya menjadi sosok yang belum bisa menjadi apa-apa. Merasa masih saja bergantung dengan orang tua dan juga keluarga. Kamu merasa bahwa hidup ini tak adil. Merasa bahwa Tuhan tidak berpihak pada hidupmu.

Hey! Kesuksesan setiap orang berbeda, jangan bandingkan dirimu dengan mereka! Membandingkan dirimu dengan mereka itu tidaklah ada gunanya. Setiap kita memiliki garis start dan garis finish yang berbeda. Itulah kenapa membandingkan dirimu dengan orang lain diluar sana tidaklah pantas. Semakin kamu membandingkan dirimu, malah akan membuatmu semakin merasa tak berguna. Percayalah bahwa saat kamu mau berusaha, maka kamu pun memiliki kesempatan sukses yang sama dengan mereka.

Jangan Terus-Terusan Menyalahkan Dirimu Atas Apa yang Ada Pada Saat Ini

Saat seseorang merasa dirinya tak berguna, sering kali timbul perasaan menyalahkan dirinya sendiri. Apakah kamu pernah merasakan hal ini? Menyalahkan diri sendiri malah akan membuatmu semakin terpuruk. Menyalahkan dirimu sendiri malah akan semakin membuatmu menjadi sosok yang tak berguna. Menjadi sosok yang tak bisa menjadi apa-apa. Hey! Mau sampai kapan kamu terus-terusan menyalahkan dirimu itu?

Baca Juga : Cara Membuat Hidup Bahagia dan Berdamai dengan Masalah yang Ada

Kita memang tidak pernah tahu apa yang terjadi pada hidup kita ini. Kita tidak pernah tahu kapan kita akan sukses. Namun, kita bisa mengubah itu semua dengan usaha yang kita lakukan. Dengan segala kerja keras yang selalu kita usahakan. Tidak akan ada seseorang yang ketika berusaha keras lalu usahanya itu tidak membuahkan hasil. Asalkan percaya dan yakin, semua pasti akan menemukan hasil cepat atau lambat.

Baca Juga : Belajar Menerima Kekurangan Diri Agar Lebih Percaya Diri

Dibalik Usaha yang Kamu Lakukan, Jangan Lupa Juga Untuk Berdoa Pada Tuhan

Selama ini kamu mungkin sudah berusaha keras. Namun, kamu merasa usahamu ini masih saja belum menemukan hasil. Kamu merasa usahamu ini sia-sia. Sebab kamu masih saja belum menjadi anak yang mandiri dan masih saja menjadi beban. Seolah kamu ingin menyerah saja dari apa yang sudah kamu lakukan selama ini.

Baca Juga : Pengingat Ketika Merasa Capek dan Ingin Menyerah

Saat kamu merasa usahamu sudah begitu keras, apakah doamu pun juga sama kerasnya? Sudahkah dalam setiap usahamu kamu juga melibatkan Tuhan didalamnya? Ataukah kamu hanya berusaha keras namun lupa untuk melibatkan penciptamu dalam setiap langkahmu? Setiap usaha yang kamu lakukan juga harus diiringi dengan doa. Sebab usaha tanpa doa hanya akan menjadi sia-sia. Jangan biarkan dirimu hanya mendapat lelah dari apa yang kamu lakukan. Jangan hanya mengejar hasil semata, melainkan kamu juga perlu mengejar keberkahan dari apa yang kamu lakukan itu.

Baca Juga : Saat Pintamu Belum Terjawab, Hal Ini Perlu Kamu Ingat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: