Sebelum Memutuskan Menikah, Beberapa Hal Ini Perlu Kamu Ketahui Dahulu!

Menjalin hubungan dengar seseorang, tentunya setiap kita memiliki harapan atau tujuan akan hubungan ini kedepannya. Yaps! Menikah. Saat hubungan yang dijalankan sudah mengarah kepada keseriusan, tentulah menikah menjadi tujuan. Terlebih lagi saat masing-masing sudah saling mengenal, orang tua juga memberi lampu hijau akan hubungan yang dijalankan, kemudian memutuskan untuk menikah menjadi pilihan. Namun, sebelum memutuskan menikah, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Apa saja, sih? Yuk, simak!

Baca Juga : Alasan Pentingnya Mengenali Pasangan Sebelum Membangun Sebuah Hubungan

1. Sebelum memutuskan menikah, kamu perlu yakin terlebih dahulu bahwa keputusan menikah itu adalah murni dari dirimu, bukan tekanan orang sekitar

Memutuskan menikah tentu bukanlah perkara yang mudah. Butuh segala kesiapan, kematangan, dan keyakinan dari dalam diri. Salah satunya perihal pasangan yang dipilih adalah memang berdasarkan atas keyakinanmu untuk memilihnya. Jangan menikah hanya karena desakan atau tuntutan orang-orang sekitarmu yang memaksamu untuk segera menikah. Sebab, jika kamu sendiri merasa belum yakin dan belum siap untuk menjalani itu semua, yang dikhawatirkan pada rumah tanggamu kelak.

Baca Juga : Dilema Usia 25 Tahun; Antara Mengejar Impian atau Nikah Duluan

Hidup setelah menikah pastinya akan berbeda saat hidup ketika masih sendiri. Setelah menikah, kamu akan tinggal bersama seseorang yang kamu pilih sebagai pendamping hidupmu. Orang yang sebelumnya kamu ketahui akan sifat dan karakternya hanya dari luar saja, saat menikah kamu akan mulai melihat segala sifat dan karakter yang ia miliki. Jadi, jika kamu menikah disebabkan oleh tekanan, kamu akan sulit berdamai dengan kondisi setelah menikah nanti.

2. Sebelum memutuskan menikah, kamu juga perlu banyak belajar mengenai persoalan rumah tangga terlebih dahulu

Menikah itu juga butuh ilmu. Agar ketika memasuki babak baru pernikahan nanti, kamu siap menghadapi segala lika-liku hidup berumah tangga bersama pasangan. Nah, sebelum memutuskan menikah, ada baiknya kamu perlu banyak belajar mengenai persoalan rumah tangga terlebih dahulu. Dan yang pastinya akan bermanfaat saat kamu menikah nantinya. Jadi, jangan pikir nikah itu tak butuh ilmu, ya. Malah, ketika menikah tanpa ilmu itu lebih berbahaya untuk rumah tanggamu nantinya.

Baca Juga : Menikah Bukan Perkara Usia yang Sudah Menginjak 25 Tahun, Melainkan Siap untuk Hidup Bersama Sampai Kapanpun

Berbicara soal menikah butuh ilmu, salah satu contohnya yaitu perihal hak dan tanggung jawab dalam rumah tangga. Hak dan tanggung jawab sebagai seorang suami, serta hak dan tanggung jawab sebagai seorang istri. Jika masing-masing pasangan tidak paham akan hal ini, maka akan sulit menjalani kehidupan berumah tangga. Sebab, menikah itu bukan lagi perkara dirimu sendiri, melainkan juga perkara pasangan yang sudah kamu pilih untuk menikahinya.

3. Jangan berpikir bahwa hidup setelah menikah itu selalu dihadiri rasa bahagia, kamu juga harus siap dengan segala kondisi yang ada

Menikah itu tidak selalu tentang rasa bahagia. Jika kamu melihat orang-orang yang memamerkan kemesraan dan keuwuan setelah menikah itu selalu diliputi rasa bahagia, stop! Stop untuk menjadikan itu sebagai gambaran kehidupan berumah tangga kelak. Sebab, apa yang orang-orang perlihatkan di social media tentulah segala hal yang baik-baik saja. Bisa dibilang jarang sekali orang-orang yang memperlihatkan keburukan di social media.

Baca Juga : Mengenali Karakter Pasangan Toxic dalam Hubungan yang Dijalankan

Jika keputusanmu menikah untuk mengharapkan kebahagiaan dari pasangan, coba pikir-pikir lagi, deh. Sebab, hidup setelah menikah itu tidak selalu tentang rasa bahagia. Akan banyak hal yang nantinya membuat kondisimu naik turun. Jika yang kamu pikirkan hanya tentang bahagia saja, maka ketika sesuatu hal yang tak sesuai dengan harapanmu terjadi, maka akan membuat kamu sulit untuk menerima.

Baca Juga : Berdamai dengan Masa Lalu Pasangan Agar Awet dalam Menjalani Hubungan

Saat kamu siap untuk menikah, maka kamu juga harus siap untuk menghadapi segala hal dan segala kondisi rumah tangga kelak. Tidak hanya perihal rasa bahagia saja, kamu juga harus siap untuk kecewa, sedih, terluka, dan segala kondisi dalam kehidupan berumah tangga nantinya. So, mulai sekarang berhenti untuk berpikir bahwa hidup setelah menikah itu selalu tentang bahagia. Sebab, hidup setelah menikah lebih dari itu!

4. Jangan berharap setelah menikah pasangan bisa sesuai dengan apa yang kamu inginkan

Memutuskan menikah, artinya kamu harus bersyukur atas segala lebihnya pasangan, dan menerima segala kurangnya pasangan. Bukan malah berharap agar pasangan selalu bisa menjadi seperti apa yang kamu inginkan. Kamu berharap bahwa pasangan dapat selalu memenuhi keinginanmu. Ingat, pasangamu juga manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Suatu waktu akan ada moment yang mana ia tidak sesuai dengan ekspektasimu itu.

Baca Juga : Ekspektasi Jangan Terlalu Tinggi Agar Kamu Tak Dibuat Kecewa Nanti

Jadi, jangan menaruh ekspektasi terhadap pasangan untuk selalu bisa menjadi seperti yang kamu ingini. Sebab, jika ekspektasimu tak sesuai nanti, malah ada rasa kecewa yang timbul dalam dirimu. Belajarlah untuk selalu bisa menerima hal yang mungkin tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

5. Luruskan niatmu untuk menikah agar Allah permudah dalam setiap langkah

Menikah adalah menyempurnakah separuh agama. Maka dari itu, sebelum memutuskan menikah kamu juga perlu meluruskan niatmu agar Allah permudah setiap jalan dan langkahmu menuju hubungan yang halal. Menikah bukan perkara main-main. Jangan hanya berpikiran capek sendirian, lantas memutuskan bahwa menikah adalah jalan keluar. Jangan! Niat yang seperti itu harus kamu luruskan terlebih dahulu sebelum memutuskan menikah.

Saat kamu memiliki niat yang baik untuk menikah, maka percayalah bahwa langkahmu juga akan dipermudah. Intinya kamu hanya perlu berusaha dan berserah. Hasil akhir biarlah Allah yang menentukan. Sebab, sebagai manusia kita hanya bisa berencana, dan Allah lah yang menjadi penentunya.

Baca Juga : Saat Pintamu Belum Terjawab, Hal Ini Perlu Kamu Ingat!

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan menikah. Semoga beberapa hal diatas dapat bermanfaat bagi kamu yang memiliki niat untuk segera menikah. Dan semoga jalanmu bisa Allah permudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: